Lombok Trip 2017

Oleh:

I Nengah Subadra

Perjalanan diawali dari kampus STIPAR Triatma jaya sekitar pukul 08 pagi menuju Pelabuhan Padang Bay di Karangasem. Suasana ring dan gembira sudah tampak ketika baru saja menaiki bis dan juga dalam perjalanan menuju kabupaten di daerah timur Bali tersebut yang mana teman-teman sudah mulai menceritakan rencana liburannya di Lombok selama 3 hari dua malam.

Setelah berjalan kira-kira satu jam lebih, berhenti sebentar di Pura Goa Lawah untuk memohon keselamatan dalam penyeberangan dari Padang Bay ke pelabuhan di Senggigi – Lombok. Bagi yang beragama lain, mereka menikmati jajanan lokal seperti kedelai rebus, pisang rebus, dan minuman ringan yang tersedia di sepanjang pelataran parker mobil dan juga di depan pura, dan ada juga yang noilet bagi teman-teman yang sudah rada-rada kebelet.

Setelah memanjatkan doa untuk keselamatan, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Padang Bay yang menempuh waktu sekitar 15 menitan saja dari Pura Goa Lawah. Tampaknya kami tiba di pelabuhan terlalu pagi, sehingga harus menunggu agak lama sampai kapal datang dan siap untuk diberangkatan. Mendapatkan nomor keberangkatan / boarding pass yang unik “69” yang dibolak-balik sama saja. Dalam hati bertanya, “mungkin ini nomor keberuntungan untuk hari ini”

Sekitar dua jam di ruang tunggu pelabuhan sambil mengamati hilir mudik para wisatawan asing muda yang akan menyeberangi Laut Lombok  dengan speed boat  alias kapal cepat yang berbeda, semakin tabah dan berani rasanya untuk ikut berpetualang menyeberang dengan kapal serupa dengan pengelola kapal yang berbeda.

Beberapa menit kurang dari jam sepuluh pagi, kapal datang dan menyandar di pelabuhan khusus untuk kapal cepat. Dalam hati bertanya, “apakah ini yang akan mengantarkanku ke Sengigi?” sambil berjalan mendekati kapal, sudah tampak beberapa bule muda yang sudah dengan asyiknya menikmati minuman bir di atas kapal yang akan ditumpangi. Sambil berbaris lantang mengikuti antrean kembali bertanya, “apakah muat orang sebanyak ini di dalam kapal kecil ini?” ternyata setelah masuk satu persatu semuanya akhirnya tertampung walaupun beberapa penumpang yang memiliki jiwa petualang sejati naik ke atas kapal untuk menikmati perjalanan laut dengan kapal cepat; dan beberapa penumpang tetap memilih di bawah di tempat duduk yang telah disediakan, sambil larak-lirik baju pelampung yang tersedia di dalam kapal, in case terjadi bahaya atau keadaan darurat.

Memang agak sedikit lama menunggu berangkat walaupun sudah berada di dalam kapal Karena perlu persiapan yang matang untuk mengarungi sumudra yang sangat luas. Tampaknya ada sedikit lucu karena yang ditunggu lama ternyata “nasi bungkus” yang dipesan oleh nahkodanya dan crew kapal sebagai bekal perjalanan yang sempat terdengar ketika aku akan memasuki cabin kapal.

100_4840

Setelah kapal berjalan, para crew kapal masih hillir mudik mengecek kelengkapan penumpang dan juga peralatan lainya, termasuk buku catatan perjalanan kapal. Penasaran dengan jarak tempuh dari Padang Bay ke Senggigi, akhirnya bertanya kepada salah satu crew kapal “Mas berapa lama nyampe di Senggigi?” dengan entengnya crew kapal itu menjawab “palingan sejam pak, tapi kalau gelombang tinggi bisa jadi lebih lama lagi pak”. Wah.. nakut-nakutin juga nih orang dalam hatiku berkata. Tapi ya sudahlah, kapal sudah melaju dengan kencang menerobos gulungan ombak Selat Lombok selama sejam setengah.

Akhirnya, setelah perjalanan selama sejam setengah, tiba juga di Dermaga Senggigi – dermaga kecil yang cukup untuk menyandarkan speed boat saja.  Sambutan ramah Pak Guide juga semakin menambah senang ketika baru saja tiba dan bersiap-siap untuk naik bus, meluncur ke Hotel Puri Saron, Senggigi untuk santap siang Bersama.

 

100_4847

 

Sponsored by

Language Assistance: Penerjemah Tersumpah di Denpasar Bali

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s