Ketika Putung tak Menguntung

I Nengah Subadra

Sekitar tahun 1990an Putung merupakan salah satu obyek wisata alam yang sangat terkenal di Kabupaten Karangasem. Masih teringat sekali ketika saya pertama kali mengunjungi Putung sekitar tahun 1997 yang ketika itu masih memiliki pemandangan yang sangat indah seperti perbukitan, lembah dan dermaga atau pelabuhan Padang Bay ditambah lagi udara yang sejuk dan bersih menyerupai udara di Bedugul Tabanan.

PUTUNG BALI I NENGAH SUBADRA

Namun sekarang, Putung yang letaknya di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali ini tampak beda karena semuanya telah berubah dan semakin tak tertata. Pepohonan yang tinggi menutupi pemandangan perbukitan salak dan lembah hijau. Rerumputan yang tinggi tak dirabas sehingga tampak seperti semak belukar. Pagar besi yang terpajang di pinggiran atau tepi “Viewing Spot” (tempat untuk menatap) keindahan alam tampak sudah sirna. Implikasinya, tak ada lagi wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Putung dan taka da lagi wisatawan yang lalu-lalang di desaku.

Tak tau harus memulai lagi dari mana untuk memulihkan Putung sebagai tempat berwisata di Selat, Karangasem yang hanya perlu 7 menit saja dari kampung halamanku di Banjar Pesangkan, Duda Timur, Selat Karangasem Bali. Mungkin diperlukan diskusi-diskusi antara masyarakat lokal, aparat desa setempat dan ahli pariwisata untuk mengkaji kembali strategi pemulihan Putung sebagai destinasi favorit di Kabupaten Karangasem.

Dari segi aksesibilitas, sekarang ini jauh lebih sempurna dari pada tempoe doelue. Sekarang ini jalannya sudah ber-hotmix dan dapat dijangkau dengan mudah dari arah Besakih, Kota Karangasem dan Manggis. Terlebih lagi bagi para pencinta petualangan berkendaraan bermotor (mobil ataupun motor) jalur Putung ke Manggis akan menjadi tangatangan tersendiri, sambil menikmati kelak keloknya jalan, bisa juga melihat pemandangan perbukitan dan lembah hijau tanpa polusi yang luar biasa indahnya.

Diperlukan penataan kembali obyek wisata Putung. Diperlukan juga pembangunan fasilitas umum seperti toilet, dan bale bengong/tempat istirahat yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menikmati keindahan alam Putung. Yang tak kalah pentingnya, diperlukan kesiapan sumber daya masyarakat lokal untuk mengelolanya dan siap melayani setiap wisatawan yang berkunjung ke Putung dengan penuh keramahan dan seyuman. Perlu juga diajak masyarakat lokal untuk membuka warung minuman hangat yang bisa menghangatkan situasi dingin yang terkadang meyusup hingga ke tulang.

Pelibatan masyarakat dalam pengelolaan obyek wisata Putung sangat diperlukan agar bisa berjalan dan berkembang dengan baik. Masyarakat lokal harus diberikan kesempatan untuk membuka usaha yang berkaitang dengan pariwisata seperti homestay, snack bar, atau juice bar agar mereka mendapatkan manfaat ekonomi dari pengembangan pariwisata di Putung. Masyarakat lokal juga harus dillibatkan secara aktif dalam menjaga kebersihan obyek wisata Putung dan lingkungan sekitarnya agar tampak asri dan mempesona. Ini menjadi tantangan apparat desa setempat dan masyarakat lokal untuk kembali membangun Putung sebagai destinasi wisata alam yang terkenal di Bali.

LANGUAGE ASSISTANCE: PENERJEMAH TERSUMPAH DI DENPASAR BALI

Penerjemah Tersumpah di Denpasar Bali, Penerjemah Inggris Tersumpah di Denpasar Bali, Penerjemah Prancis Tersumpah di Denpasar Bali, Penerjemah Jerman Tersumpah di Denpasar Bali, Penerjemah Jepang Tersumpah di Denpasar Bali, Penerjemah Belanda Tersumpah di Denpasar Bali, Bali Penerjemah Tersumpah, Sworn Translator in Denpasar Bali, English Sworn Translator in Denpasar Bali, Japanese Sworn Translator in Denpasar Bali, Dutch Sworn Translator in Denpasar Bali, German Sworn Translator in Denpasar Bali, French Sworn Translator in Denpasar Bali, Sworn Translator in Denpasar Bali, Certified Translator in Denpasar Bali, Kantor Penerjemah Tersumpah Bali, penerjemah tersumpah di bali, sworn translator in bali, translation service in bali, harga penerjemah tersumpah Bali, jasa translate bali, jasa penerjemah bahasa inggris murah bali, Bali Denpasar translator Service, sworn translator Bali, Public Notary Bali, Sworn Translator Bali, Certified Translator Bali

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s