Anakku ‘Ni Putu Widya Mahadhita Anisvara’

Ni Putu Widya Mahadhita Anisvara
(Putri pasangan I Nengah Subadra dan Ni Putu Indah Indrayanti)

Hello Papa....

Lahir di Denpasar pada tanggal 19 Januari 2008 (Saniscara Umanis Sungsang, Penaggal Ping 12 Paniron) menurut sistem penaggalan Bali, di Rumah Sakit Umum Puri Raharja-Bali.

Arti:
Anak perempuan tertua yang memiliki pengetahuan luas

Kosa Kata:
1. Widya : Ilmu / pengetahuan
2. Maha : Tertinggi / tertua
3. Dhita : Puteri
4. Anisvara : Tertinggi / Luas

Asal-usul nama anakku
Nama Ni Putu Widya Mahadhita Anisvara ditentukan berdasarkan pada api suci yang dinyalakan dihadapan sesajen (banten) dan diyakini bahwa api suci tersebut disaksikan oleh Dewa Brahma-dewa api yang merupakan penjelmaan Tuhan Yang Maha Esa yang bertugas sebagai pencipta alam semesta dan isinya. Nama tersebut merupakan hasil kontribusi dari Ayahnda I Nengah Subadra (Widya Anisvara), Ibunda Ni Putu Indah Indrayanti (Dhita), dan Kakeknda Jro Mangku Wayan Natia (Maha). Nama panggilanya adalah Dhita.

17012009029

Apalah artinya sebuah nama?
Nama merupakan harapan utama orang tua dan diharapkan anak tersebut mencapai apa yang dicita-citakan orang tuanya. Namun, kebenaran terhadap makna nama sangat tergantung dari karma pada kehidupan sebelumnya dan prilaku dalam hidupnya sehingga tidak ada jaminan bagi yang memiliki nama bagus dan penuh arti akan mencapai tujuan yang diharapkan.

Ni Putu Widya Mahadhita Anisvara

Prosesi Acara Manusia Yadanya:
1. Magedong-gedongan
Diadakan pada bulan September 2008 di Perumahan Nuansa Pengungsih, Jalan Trenggana XIVA No.14 Penatih

2. Kelahiran
Lahir pada tanggal 19 Januari 2008 di Rumah Sakit Puri Raharja. Ari-arinya dikubur di rumah Made. Saat tiba di rumah dibuatkan acara penyambutan dengan banten. Operasi sesar di lakukan oleh Dokter Haya. Masuk rumah sakit jam enaman, sekitar jam 8 pagi sudah lahir.

3. Kepus Puser
Dibuatkan banten oleh Dadong Sekar, di Beleleng. Potongan tali pusarnya dikeringkan kemudian disimpan di pelangkiran (tempat sembahyang kecil).

4. Roras Dina
Dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2008 atau dua belas hari setelah kelahiran, bantennya dibuatkan banten oleh Dadong Suplag, We Ranis dan Dadong Sekar. Dilanjutkan dengan acara pebyakalaan/pembersihan Papanya.

Nyante dulu ah..

5. Tutug Kambuhan
Hanya dibuatkan banten petanggeh karena ada pecaruan atau tawur agung di Pesangkan-Duda Timur. Dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2008. Banten dibuatkan oleh Dadong Sekar.

6.Telu Bulanan
Dilaksanakan pada tangga 3 Mei 2008 (Saniscara Umanis Bala) di Perumahan Nuansa Penatih, Blok A No 5, Denpasara. Banten dibuatkan oleh Mbok Ranis dan Dadong Suplag. Banten dilengkapi dengan guling yang disumbangkan oleh Made. Dipuput oleh Jro Mangku dari Banjar Plagan. Upacara dirangkaikan dengan Tutug Kambuhan dan ngenjek tanah pertama kalinya. Mengundang semua sepupu yang ada di Denpasar, teman-teman di kampus dan tetangga. Acara berjalan dengan baik dan lancar.

7.Otonan
Dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2008 (Saniscara Umanis Sungsang). Diadakan di Dusun Pesangkan, Kampung Bali Sadhar, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Banten dibuatkan oleh Wayahnya ‘Jro Mangku Wayan Natia’. Pada hari yang sama, cucu dan cicitnya yang lain juga dibuatkan acara Manusia Yadnya (upacara persembahan untuk manusia) yaitu; mekutang bok, (potong rambut), tiga bulanan, otonan dan potong gigi. Mengundang lebih dari dua ratus orang yang besasal dari beberapa desa di Kecamatan Banjit. Acaranya berjalan dan sukses, berkat kerja sama yang baik antara keluarga dan warga setempat. Papa dan mamanya Dhita mengucapkan banyak terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam acara tersebut.

Upacara Potong Rambut

8. Ulang Tahun Pertama
Selamat Ulang Tahun ya Dhita sayang….. Kasian deah… ulang tahun pertamanya nga ditemani Papanya. Maklum, sedang menuntut ilmu di negeri sebrang, tepatnya di Lincoln, United Kingdom. Katanya sih untuk bekal di hari tua katanya.

Tumpeng Nasi Kuning

Perayaan ulang tahunnya yang pertama sangat meriah karena banyak mengundang, kira 50 oranglah….. Yang diundang adalah tetangga dan anak-anaknya, keluarga papa dan mama, dan juga temen-temen mama di kampus. Katanya sih bikin tumpeng nasi kuning, biar sekalian undangannya makan nasi kuning. Hadiah juga banyak tuh dapet, boneka, baju, jaket, mainan dan masih buanyak…. lagi.

17012009009

Papa dari kejauhan hanya bisa berdoa buat Dhita, semoga cepat besar, jalannya semakin lancar (sekarang baru bisa tiga sampai lima langkah), dan panjang umur.

dsc01814

 

 

Birthday celebration in Lincoln, United Kingdom, 2012
100_8192

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s