Bali Tourism Watch: Public Relations

Oleh: I Nengah Subadra
___________________________________________________________________
Dosen Bahasa Inggris dan Pariwisata Di Yayasan Triatma Surya Jaya
(MAPINDO, STP Triatma Jaya, dan STIE Triatma Mulya)
Handphone : 081 239 26773
Email : insubadra@yahoo.com
Homepage : http://www.subadra.wordpress.com

Melayani:
• Private Bahasa Inggris untuk umum & in-house training
• Private Bahasa Indonesia untuk orang asing
• Bimbingan IELTS, TOEIC, dan TOEFL
• Terjemahan bahasa asing tersumpah
• Presentasi seminar dan penelitian pariwisata
• Konsultasi Pengembangan pariwisata
___________________________________________________________________
Motto: Quality is our Prime Concern
___________________________________________________________________

Ada dua definisi tentang Public Relation:

1.Menurut Seaton (1994, 389), Public Relation dalam pariwisata adalah tentang bagaimana pemikiran orang yang terlibat dalam organisasi pariwisata dan bagaimana persepsi, sikap dan tingkah lakunya dijaga dengan baik / secara positif.

2.Menurut Institute Public Relation di UK, Public Relation merupakan usaha-usaha yang terencana dan berkelanjutan untuk mengembangkan dan mempertahankan keinginan baik dan saling pengertian antara satu organisasi dan khalayak ramainya.

Public Relation eksternal mencakup persepsi orang terhadap produk (pesawat, hotel, destinasi dan atrarksi jenis apa yang ditawarkan); karyawan (bagaimana penampilan, pakaian, berkomonikasi dengan publik); program komuniakasi dan daya jangkau media; keseluruhan identitasnya; Gedung yang dijadikan pusat bisnis dan segala sesuatu yang berhubungan dengan citra organisasi.

Public Relation juga memiliki fungsi internal yaitu untuk membangun dan mempertahankan moral di antara organisasi dalam praktek komunikasi yang bagus, keuntungan insentif, olahraga dan kegiatan yang ditentukan. Public relation yang terlibat di dalam semua kegiatan organisasi harus dilakukan selayaknya dengan pemasaran.
Salah satu kunci perbedaan antara Public Relation dengan pemasaran adalah bahwa Public Relation melibatkan /menggunakn pesan ke suatu tingkatan publik.

Sedangkan pemasaran pesannya disampaikan kepada segmen pasar. Target Public Relation mencakup: konsumen, perdagangan pariwisata, media dunia financial, organisasi sektor publik termasuk pemerintah nasional, pemegang kebijakan lokal dan badan pariwisata, komunitas bisnis, karyawan (yang terkini dan potensial) dan pendapat dari generasi sebelumnya.

Jenis komunikasi dan media yang dipakai Public Relation lebih beraneka ragam dari pada iklan. Public relation bisa melibatkan lobi politik, kerjasama keramah-tamahan dengan dukungan VIP, dan semua jenis komunikasi pribadi yang ditujukan pada opini terdahulu yang bisa bertindak sebagai orang ketiga terpenting pemegang kuasa produk pariwisata.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s