Bali Tourism Watch: Menggapai Bahagia Secara Murah

Disarikan dari pemikiran Gede Prama oleh I Nengah Subadra, S.S., M.Par.

_______________________________________________________
Dosen Bahasa Inggris dan Pariwisata
Di Yayasan Triatma Surya Jaya
(MAPINDO, AKPAR Triatma Jaya, dan STIE Triatma Mulya
Handphone : 081 239 26773
Email : insubadra@yahoo.com
Homepage : http://www.subadra.wordpress.com
Melayani:
• Private Bahasa Inggris untuk umum dan in-house training
• Private Bahasa Indonesia untuk orang asing
• Bimbingan IELTS, TOEIC, dan TOEFL
• Terjemahan bahasa asing tersumpah
________________________________________________________

Persoalan penghasilan yang tidak mencukupi keperluan sehari-hari atau standar hidup sangat jauh dibawah orang sekeliling. Mengapa kerabat itu memiliki mobil atau rumah yang bagus sedangkan anda untuk makanpun sangat sulit.
Sebagai akibatnya anda menganggap betapa tidak beruntungnya hidup dan betapa sulitnya mencapai kebahagiaan itu. Dan Anda menganggap untuk berbahagia sejumlah kesempurnaan dan berbagai materi harus dimiliki. Padahal, untuk berbahagia itu tidaklah memerlukan hal yang mahal dan dapat diraih dengan cara mudah, sederhana dan murah. Berikut sejumlah tips dari Gde Prama.

1.Kebahagiaan sejati bukan berasal dari luar, melainkan ada didalam diri sendiri. Karena itu belajarlah menerima diri Anda apa adanya, sehingga Anda bisa merasakan kebagiaan yang sesungguhnya.

2.Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain. Setiap manusia dilahirkan dengan keunikan dan kelebihan sendiri, camkan bahwa tidak ada kehidupan yang lebih baik selain bisa menjadi diri sendiri.

3.Belajarlah memberi dengan rasa ikhlas. Jangan bebani hidup dengan imbalan, karena hanya akan menimbulkan kekecewaan sekiranya Anda tak mendapatkannya. Anda bisa memulainya dengan hal yang paling sederhana seperti memberi senyuman atau memperhatikan orang di sekeliling, sehingga orang akan merasa nyaman berada didekat Anda.

4.Pandanglah setiap kesulitan dengan cara yang positif. Hal ini akan mendatangkan keindahan dan kebahagiaan. Semakin kita Anda mampu menanggulangi kesulitan, maka Anda akan tampak tampil semakin “bercahaya” dengan kekuatan yang dimiliki.

5.Jangan mematok hidup terlalu tinggi. Ketahuilah batasan kemampuan sehingga Anda merasa menjadi manusia yang lebih sempurna dan berarti.

6.Nikmati dan cintailah hal-hal kecil disekeliling Anda yang dapat mendatangkan kebahagiaan. Seperti mendengarkan suara burung dipagi hari, menikmati segarnya aroma bunga dan segarnya udara di pagi hari, menyentuh dan merasakan tetesan embun di rerumputan atau bersenandung.

7.Terpenting senantiasa mendekatkan diri pada Tuhan dan jauhkan diri dari berbagai rasa ketakutan. Sadari semua keberhasilan juga kegagalan yang didapat merupakan hasil usaha dan kerja keras, tanpa meyakini semuanya kekuasaan Tuhan yang sudah diatur oleh-Nya. Dengan tips sederhana ini semoga kebahagiaan senantiasa menghampiri Anda.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s