Bali Tourism Watch: Agro Wisata di Bagus Agro Pelaga

 

Penulis:

I Nengah Subadra PhD

Doktor Bidang Pariwisata, alumni University of Lincoln, United Kingdom

Profile Lengkap Penulis LIHAT DI SINI

Pengembangan Bagus Agro Pelaga sebagai obyek wisata agro menggunakan konsep agrowisata dengan memanfaatkan seoptimal mungkin potensi-potensi yang ada di daerah Pelaga, antara lain potensi alam dengan luas kurang lebih 18 hektar, budaya masyarakat setempat sebagai petani dan lokasi yang berada di antara dua daerah wisata terkenal yaitu Kintamani dan Bedugul.

Pemandangan yang sangat indah diambil dari tempat parkir

Pemandangan yang sangat indah diambil dari tempat parkir

Bagus Agro Pelaga juga memperhatikan aspek ekonomi masyarakat setempat, karena di jaman reformasi seperti sekarang ini, diperlukan pemberdayaan masyarakat yang diwujudkan bukan dari perintah atau instruksi dari atas, tetapi datang dari kemauan rakyat sendiri, datang dari bawah untuk dibina oleh kalangan atas (bottom – up). Ini pendekatan yang diperlukan dengan pengembangan desa wisata dengan agrowisatanya. Melalui pendekatan itu, diharapkan pembangunan pariwisata tidak lagi hanya menjadi milik berduit saja seperti yang terjadi selama ini. Rakyat di sekitar proyek hanya jadi penonton dan asing di desanya sendiri.

Dalam perencanaan desa wisata dengan konsep agrowisata di desa Pelaga, Kecamatan Petang, diharapkan masyarakat setempat ikut berpartisipasi dalam fungsi manajemen. Untuk efektifnya pengelolaan agrowisata di Pelaga sebaiknya menggunakan pola PIR karena dengan pola ini semua aspek terkait dalam pelaksanaan proyek agrowisata akan saling bekerjasama, untuk mendapatkan keuntungan bagi semua pihak. Sebagai plasma dalam PIR adalah masyarakat setempat, baik sebagai petani, peternak, pengrajin, pedagang maupun kelompok kesenian tradisional masyarakat. Dengan memperhatikan latar belakang diatas, maka dirasakan sangat perlu untuk dikaji lebih lanjut pola pengembangan Desa Pelaga sebagai salah satu obyek wisata agro.

Sebagai salah satu objek dan daya tarik wisata baru, Bagus Agro Pelaga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, antara lain: restoran, bar, saung, wantilan, supermarket, toko grosir, tempat bermain anak-anak, jalan melingkar di dalam kawasan agro dan jalan setapak menuju ke masing-masing kompleks tanaman buah, sayur maupun bunga. Untuk menunjang organic farming, di dalam kawasan juga akan dikembangkan peternakan sapi, babi dan ayam kampung serta kolam ikan air tawar. Di dalam kawasan Bagus Agro Pelaga akan ditanam berbagai jenis tanaman (polyculture) bernilai ekonomis tinggi yang dikelompokkan menjadi tiga yaitu komoditas sayur-sayuran (vegetables), bunga potong (cutting flowers) dan buah-buahan (fruits).

Tanaman sayur organik

Tanaman sayur organik

Untuk menghemat air, agro ini dikelola dengan sistem tetes di mana air dialirkan terbatas sesuai kebutuhan masing-masing tanaman. Pertanian yang dikelola dengan sistem tetes (drip irrigation system) dan berorientasi pasar ini selalu mempertimbangkan kontinyunitas: supplay, quality dan price. Dalam pengerjaan sarana dan prasarana Bagus Agro Pelaga mempertimbangkan berbagai aspek seperti: aspek estetika, asas teknologi, aspek lingkungan, tidak melawan alam, praktis, logis dan aspek keamanan.

Kegiatan Agrowisata
Bagus Agro Pelaga memiliki divisi leisure yang menangani kegiatan wisata. Divisi ini mengurusi segala sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan wisatawan, seperti:
1.mengatur kedatangan tamu di pintu masuk (entrance),

2.memandu mereka melihat-lihat kebun sayur, bunga dan buah,

3.menjelaskan fasilitas yang tersedia bagi tamu,

4.menawarkan produk food & beverage,

5.menawarkan produk camping,

6.menawarkan produk yang tersedia di supermarket,

7.menangani wisatawan yang ingin memanfaatkan fasilitas villa

Kawasan Bagus Agro Pelaga terdiri atas beberapa kompleks tanaman dimana setiap kompleks ditanami satu jenis tanaman tertentu sehingga pengunjung dapat menyaksikan teknik bercocok tanam dan varietas tanaman tersebut. Selain menyajikan keindahan kebun bunga, sayur dan buah, proses pembuatan Tabulapot di tempat, juga bisa menarik perhatian tamu sehingga mereka mungkin tergugah untuk memesan dan membeli tanaman tertentu. Jenis tanaman yang akan dijadikan objek kunjungan akan dibuatkan deskripsi yang lengkap (dalam bahasa Indonesia dan Inggris) untuk bahan informasi tamu.

Dalam kaitannya dengan kegiatan wisata (leisure), di dalam kawasan dibangun beberapa fasilitas, antara lain: jalan melingkar, 4 buah villa, fasilitas rekreasi dan camping site serta children play ground. Jalan melingkar dapat dilalui kendaraaan kecil dan dibuat seasri mungkin dilengkapi jalan setapak dan padang rumput di kanan maupun kiri jalan sehingga pengunjung merasakan kenyamanan saat berjalan kaki. Menyaksikan keindahan pemandangan kebun sayur, buah dan bunga sambil mendengarkan penjelasan petugas mengenai tanaman yang tumbuh di Bagus Agro Pelaga. Jenis kendaraan yang nantinya diperbolehkan melintasi jalan melingkar ini adalah silent buggy yang tidak menimbulkan kebisingan sama sekali. Jalan melingkar sepanjang ± 1600 meter ini dibuat dengan mempergunakan sistem drainase yang baik untuk menghindari genangan air pada musim hujan. Di sepanjang jalan melingkar disediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan tamu, antara lain:

1.Rumah petani (dengan atap bambu) di mana diselenggarakan demo membuat gula aren.

2.Rumah petani di mana diselenggarakan demo membuat arak dengan berbagai rasa seperti rasa leci, lengkeng, dll

3.Tempat coffee roasting di mana tamu bisa mencoba kopi dan serbat

4.Stand tempat penjualan minuman

5.Stand tempat penjualan penganan (camilan) khas Bali

6.Tempat pembuatan berbagai jenis keripik (ubi, keladi, nangka)

7.Tempat tape singkong

8.Rest room / toilet

9.Bak sampah (terdiri atas 2 jenis: bahan organik dan plastik)

10.Berbagai jenis tanaman yang ditanam berkelompok

11.Beberapa kandang binatang peliharaan yang digemari anak-anak seperti jenis burung dan binatang lain

12.Kolam ikan (dengan memakai alat pembersih air modern)

13.Children playground (dibangun di depan Main Restaurant)

14.Beberapa Saung (bale bengong) untuk tempat beristirahat maupun Lunch

15.Papan petunjuk (signages)

Villa/ Farm House:
Villa atau “farm house” dibangun di perbatasan kawasan areal konservasi dan areal kebun berjumlah 4 buah dengan satu buah kolam renang yang dapat digunakan bersama dan diperuntukkan bagi para tamu yang ingin bermalam di kawasan Bagus Agro Pelaga. Villa ini dibangun dengan konsep minimalis sehingga menimbulkan kesan rileks. Dari villa yang dindingnya memakai kaca bening dapat dilihat pemandangan yang menakjubkan ke segala arah, sedangkan di sekeliling villa ditanami pepohonan untuk menjaga privasi penghuni villa. Jarak dari satu villa dengan villa yang lainnya sekitar 10 m. Pintu masuk (gapura) ke kompleks villa dibuat sedemikian rupa sehinggga mengesankan bahwa di tempat ini pernah ada bangunan tua.

Fasilitas Rekreasi/ Leisure:
Rekreasi dapat dilakukan baik di dalam kawasan Bagus Agro Pelaga maupun di luar kawasan. Rekreasi yang ditawarkan meliputi:

a.Hiking,Pengunjung dapat berjalan kaki (hiking) di dalam kawasan agro sambil menikmati pemandangan berbagai macam sayuran, buah, bunga, ternak dan kolam ikan. Setelah itu pengunjung dapat beristirahat di saung-saung yang disediakan sambil menikmati makanan atau minuman yang dipesan sebelumnya.

b.Tour mengelilingi properti dengan buggy, tour ini menggunakan buggy yang tidak berisik. Selama perjalanan, petugas agro menjelaskan mengenai tanaman yang dibudidayakan di sekitar areal agro.

c.Cycling, dapat dilakukan luar kawasan agro, yakni di sekitar Desa Tihingan di sebelah barat kawasan Bagus Agro Pelaga, dimana terdapat jalan aspal berliku-liku, perkampungan, pertanian yang menyajikan pemandangan indah.

d.Bird watching, berbagai burung juga hidup di sana, jadi selain menikmati pemandangan alam sekitar tamu juga dapat menonton burung – burung bernyanyi. Kegiatan ini terutama dapat dilakukan pada waktu subuh.

e.Children playground, disediakan bagi pengunjung yang datang dengan putra-putrinya. Tempat bermain anak-anak dibuat sedemikian rupa sehingga anak-anak bisa lebih dekat dengan alam,misalnya bermain petak umpet di sela-sela pepohonan.

Restoran:
Restoran hanya beroperasi pada siang hari saja, buka untuk lunch. Tamu yang diharapkan lunch terdiri atas tamu dalam perjalanan tour yang di-handle Biro Perjalanan Wisata maupun walk in guest. Untuk group besar, lunch bisa disajikan di Terrace Restaurant yang berada di depan Supermarket dengan jenis makanan buffet. Kapasitas restoran keseluruhan berjumlah 200 seats dengan rincian: 80 seat di 2 buah Restoran Fine Dining Restaurant, 50 seat di Terrace Restaurant dan 40 di beberapa Saung dan sisanya di Wantilan. Menu utama yang disajikan di Main Restaurant dan Saung berupa: Grill, Steamboat dan Salad. Selain itu juga akan diupayakan menyuguhkan menu makanan tradisional spt: bubur tuak, kolak, tape, ancruk, gatuk lendri, jagung manis.

Restoran Utama terdiri atas 2 wing masing-masing dengan kapasitas 40 seat. Wing sebelah kiri (sebelah utara) diperuntukan bagi tamu yang memesan menu steamboat. Sedangkan wing kanan untuk tamu yang memesan menu lainnya. Restoran dibangun pada areal yang paling tinggi di kawasan Bagus Agro Pelaga sehingga para tamu dapat menyaksikan pemandangan areal kebun bunga, buah dan sayur yang menarik serta pemandangan tiga gunung yang mempesona yakni Gunung Agung, Abang dan Batur. Di dalam restoran tersedia bahan makan yang dijual dalam plastik dan pengunjung dapat memasaknya sendiri di salah satu Saung atau dimasakkan oleh cook Bagus Agro Pelaga. Bahan makanan yang dapat dipilih pengunjung untuk dimasak antara lain: Grill dan Steamboat. Sedangkan untuk tamu rombongan bisa disajikan buffet. Minuman yang disediakan di sini 99% merupakan minuman sehat dari bahan alami dicampur dengan rempah-rempah berkhasiat.

Fasilitas Tambahan:
Fasilitas lain yang tersedia adalah kantor, tempat parkir, tempat peristirahatan sopir dan guide dan staff house. Kantor dibuat untuk direksi dan karyawan Bagus Agro Pelaga. Kantor ini juga dilengkapi dengan perpustakaan yang berisi buku – buku mengenai tanaman dan cara bercocok tanam yang baik. Tempat parkir yang cukup luas dilengkapi perindang mampu menampung jenis kendaraan bus dan kendaraan kecil. Di kawasan ini juga terdapat Pura Puseh milik masyarakat setempat. Di sekeliling pura ditanam kebun bunga potong yang menambah keasrian pura tersebut.

Paket Agrowisata:
Dalam memasarkan produk Leisure dan Restorant, Bagus Agro Pelaga mengemas produk sedemikian rupa sehingga paket wisata yang dijual menjadi lebih beragam. Paket wisata yang ditawarkan kepada calon konsumen, antara lain:
Full day tour:
1.Kombinasi Agro Pelaga dan Rafting di Petang.
2.Kombinasi Agro Pelaga dan Sangeh serta Air Terjun Nungnung.
3.Kombinasi Agro Pelaga dan Kintamani.
4.Kombinasi Agro Pelaga dan Bedugul.

Tempat pertemuan:
Bagus Agro Pelaga juga bisa dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan outing seperti: Meeting, Outing, Arisan, Camping, Pengenalan Tanaman kepada anak-anak, flower expo, kursus tabulapot, kontes burung dan kontes anjing.

Mitrakerja:
Produk agro (buah, sayur, bunga) akan disalurkan ke hotel, retoran, supermarket dan pasar umum. Sedangkan produk Leisure (tour), Restoran dan Villa diperuntukkan bagi:
1.Biro perjalanan wisata
2.Wisatawan domestik
3.Instansi-instansi yang terkait dengan pertanian
4.Sekolah-sekolah, Akademi dan Perguruan Tinggi

Biaya Berkunjung:

Paket : Berkunjung ke Kebun Organik Rp. 120.000 net/ orang
Harga tersebut sudah termasuk:
– Tiket Masuk ke agro
– Welcome drink fresh strowberry juice
– Keliling kebun stroberry dan ke kebun sayur.
– Makan siang (buffetlunch)
– Teh/ kopi ditemani kue kampung
– Harga sudah termasuk 21% tax and service.

Paket Berkunjung ke Kebun Organik Rp. 45.000 net/ orang
– Tiket Masuk ke agro
– Welcome drink fresh strowberry juice
– Keliling kebun stroberry dan ke kebun sayur.
– Harga sudah termasuk 21% tax and service.

Plaga, Badung-Bali

Plaga, Badung-Bali

Tertarik untuk berkunjung?
Silahkan KLIK DI SINI

PESAN DARI PENULIS:
Para pembaca yang terhormat, saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda ke website saya. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan tentang tulisan saya, silahkan KLIK DI SINI untuk menghubungi saya.

Jika anda membutuhkan atrikel lain tentang pariwisata, silahkan KLIK DI SINI untuk mengunduh (download) beberapa artikel yang berkaitan dengan pariwisata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Sekali lagi, terima kasih atas kunjungan anda. Selamat belajar!

Sponsored by

Language Assistance:

PENERJEMAH TERSUMPAH DI BALI

PENERJEMAH BALI

BALI PENERJEMAH

SWORN TRANSLATOR IN DENPASAR BALI

CERTIFIED TRANSLATOR IN DENPASAR BALI

BALI TRANSLATION OFFICE

JASA TERJEMAHAN TERSUMPAH DI DENPASAR BALI

One thought on “Bali Tourism Watch: Agro Wisata di Bagus Agro Pelaga

  1. dewi says:

    salam kenal pak subadra… kami sekeluarga berencana berlibur ke bali sekitar tgl 11-15 agustus, apa harga tiket pd waktu tsb mengalami kenaikan? karena kita menginap disekitar sanur, apakah jarak tempuh dgn wisata ini jauh?kalopun jauh apakah ada tmpat wisata lain yg bs kita kunjungi yg sejalan? terima kasih pak..bisa dijawab via emal saja…

Comments are closed.